Wisma Yatim Assalaam

LATAR BELAKANG

Sesungguhnya segala puji bagi Allah SWT, hanya kepada-Nya kami memuji, mohon pertolongan, dan ampunan-Nya. Kami berlindung kepada-Nya dari keburukan diri kami dan kesalahan perbuatan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah SWT, maka tidak ada yang menyesatkannya. Dan barang siapa disesatkan, maka tidak ada yang dapat memberi petunjuk kepadanya. Aku bersaksi bahwa tiada yang berhak diibadahi dengan benar selain kepada Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya.

Anak adalah karunia-Nya yang juga merupakan aset bangsa dan harapan umat. Maju mundurnya suatu bangsa tergantung bagaimana kualitas sumber daya manusianya dan sumber daya manusia tersebut sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan. Setiap anak memiliki potensi yang luar biasa dan perlu dikembangkan terus.

Mendapatkan pendidikan yang layak merupakan hak dasar setiap anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua dan masyarakat, namun fenomena yang ada masih banyak anak-anak yang putus sekolah atau bahkan tidak dapat bersekolah disebabkan oleh faktor ekonomi keluarga, yaitu orang tua tidak mampu menyekolahkan anaknya dan ini menjadi sebab rendahnya kualitas pendidikan kita.

Diriwayatkan oleh Abu Darda ra. Berkata :

“Ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi SAW, mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya: “Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” (HR. Thobroni, Targhib, Al Albaniy: 24).

Hadits yang lain, “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya, maka ia pasti masuk surga.”(HR. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targib, Al Albaniy: 2543) serta hadits lainnya menyatakan, “Aku dan orang yang memelihara anak yatim dalam surga seperti ini,” setelah itu beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk serta jari tengahnya sambil merenggangkan kedua jari tersebut.”(HR. Bukhari)

Di samping itu, dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal maka diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. Salah satu komponen penting yang menjadikan proses pembelajaran dan pembinaan menjadi lancar dan kondusif adalah ruang kelas dan tempat tinggal tetap atau permanen bagi anak-anak yatim berupa asrama atau rumah yang dijadikan asrama.

Ruang kelas dan asrama sebagai tempat rombongan belajar melakukan aktivitas pembelajaran memiliki peranan yang strategis dalam rangka menciptakan suasana dan rasa belajar bagi para siswa. Keberadaannya membawa dampak yang lebih luas seperti, rasa aman, rasa memiliki, ketenangan dan hal-hal positif lainnya.

Yayasan Assalaam Nur Salim yang menaungi Wisma Yatim Assalaam didirikan sebagai wujud komitmen dari Yayasan Assalaam Nur Salim dalam memfasilitasi anak-anak yatim, yatim-piatu, putus sekolah, dan dhu’afa agar mempunyai kesempatan yang sama dengan anak lain untuk mengembangkan diri secara personal, akademis, dan keterampilan umum yang berakhlak Islami dan mandiri.

 

Yayasan Assalaam Nur Salim adalah yayasan yang berkhidmat dalam bidang sosial, dakwah dan pendidikan Islam, serta pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang terbentuk sebagai sarana untuk mengelola dan mengembangkan pendidikan Islam (pesantren), dakwah dan kajian Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits.

 

VISI MISI

Adapun Visi Wisma Yatim Assalaam adalah:

  • Membina, mendidik, dan melahirkan generasi muda, khususnya anak-anak yatim, yatim-piatu, putus sekolah, dan dhu’afa, untuk menjadi penghafal Al-Qur’an (Hafizh-Hafizhah), memiliki akhlak Islami, kecerdasan, kemampuan, keterampilan, pemahaman agama Islam, dan semangat wirausaha (entrepreneur) yang mumpuni sesuai bakat yang dimilikinya sehingga mampu mandiri dan menjadi teladan bagi lingkungan dimana mereka berada.”
  • Menjadi wadah pendidikan non formal yang dapat mengantarkan anak-anak asuh menjadi Muslim paripurna dan dapat hidup yang layak di tengah masyarakat kela

Sedangkan Misi Wisma Yatim Assalaam antara lain:

  • Menjadikan Wisma Yatim Assalaam sebagai sarana dan media sekaligus tempat beribadah dan menuntut ilmu bagi setiap muslim, khususnya anak-anak yatim, yatim-piatu, putus sekolah, dan dhu’afa.
  • Melahirkan generasi rabbani yang berakhlak Islami dan memiliki kecerdasan, kemampuan, dan keterampilan yang mumpuni sesuai bakat yang dimilikinya berbasis kewirausahaan.
  • Mendidik dan melahirkan calon-calon Pemimpin dan Da’i yang handal.
  • Melahirkan generasi muda penghafal Al-Qu’an (hafizh dan hafizhah).
  • Menjadi institusi, wadah, media yang mampu menjembatani, dan memberdayakan berbagai institusi/lembaga dan bersinergi dengan berbagai seluruh elemen masyarakat.
  • Menjadi institusi pelopor dalam pemberdayaan masyarakat berbasis masjid dan pesantren.
  • Menjadikan institusi sebagai Islamic Centre.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan adalah:

  • Menampung, membina, dan memberdayakan anak-anak yatim, yatim-piatu, putus sekolah, dan dhu’afa sebagai bagian dari kita yang seharusnya memperoleh penghidupan yang layak dan baik seperti anak-anak lainnya, bahkan ditargetkan mempunyai keterampilan yang pantas dibanggakan yang tidak dimiliki oleh anak-anak lainnya.
  • Memberikan perlindungan dan pemberdayaan di tempat yang layak huni, bersih, dan tempat ideal untuk belajar dan menuntut ilmu serta hidup layak sebagaimana mestinya.
  • Memenuhi kebutuhan sarana yang masih kurang berdasarkan standar yang ada, salah satunya adalah pembangunan asrama atau gedung untuk memenuhi kebutuhan akan ruang sebagai tempat tinggal dan belajar yang berjenjang dan berkelanjutan.
  • Memfasilitasi para siswa dengan fasilitas ruang kelas yang sesuai standar yang menjadi faktor keberhasilan proses belajar mengajar.
  • Secara bertahap melengkapi master planpengembangan Yayasan Assalaam Nur Salim sejalan dengan program pengembangan lembaga pendidikan non formal.

 

Selain itu untuk jangka panjangnya Yayasan Assalaam Nur Salim tersebut diharapkan dapat menjadi sarana untuk :

  • Membina generasi penerus Islam agar hidup di bawah bimbingan syari’ah Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits dengan pemahaman salafus shalih (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah).
  • Menyelenggarakan kajian-kajian Islam.
  • Menyelenggarakan program penyebaran dakwah dan kajian Ilmiah melalui media massa dan media lainnya.

 

MOTTO DAN JIWA

Adapun Motto dan Jiwa Wisma Yatim Assalam adalah:

Dengan motto dan Jiwa Wisma Yatim Assalaam, yaitu Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah, dan Kebebasan, maka Wisma Yatim Assalaam berkewajiban untuk menghasilkan output sumber daya manusia yang handal dimana setelah menempuh pendidikan di Wisma Yatim Assalaam, maka setiap alumni memiliki kemampuan :

  • Hafizh-Hafizhah Al-Qur’an.
  • Beraqidah kokoh.
  • Beribadah benar.
  • Berbudi tinggi.
  • Berbadan sehat.
  • Berpengetahuan luas.
  • Berfikiran bebas.

 

PROGRAM PENDIDIKAN

Pada awal tahun ajaran  2020-2021 Wisma Yatim Assalaam telah meluncurkan program pendidikan non formal setingkat SMP dan MTs dengan keunggulan:

  • Tahfizh Al-Qur’an
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Kajian Kitab Kuning

Syarat dan ketentuan Santriwan dan Santriwati Wisma Yatim Assalaam adalah:

  • Lulusan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Anak-anak yatim, yatim-piatu, putus sekolah, dan dhu’afa
  • Anak-anak akan diasramakan/boarding school

Fasilitas penunjang santriwan dan santriwati Wisma Yatim Assalaam adalah:

  • Asrama ikhwan dan akhwat
  • Asrama full fasilitas
  • Pendidikan 3 tahun akan dibiayai 100%
  • Makan 3 kali sehari

Pendaftaran Tahun Ajaran 2020-2021 sebagai langkah awal operasional telah dibuka untuk santriwan dan santriwati baru, dengan quota awal 20 anak yang terdiri dari anak-anak yatim, yatim-piatu, putus sekolah, dan dhu’afa yang seluruh pembiayaan sekolahnya 100% dibebaskan dan kebutuhan sekolahnya akan dipenuhi.

 

KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum yang dikembangkan oleh Wisma Yatim Assalaam mengacu pada KMA (Keputusan Menteri Agama) Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan dipadukan dengan muatan lokal sesuai dengan ciri khas, tujuan dan program unggulan pendidikan Wisma Yatim kami. Program unggulan tersebut adalah Tahfizul Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Baca Kitab Kuning. Di samping itu, titik fokus pendidikan yang kami kembangkan adalah penanaman nilai-nilai moral, akhlakul karimah, nasionalisme dan kemandirian dalam rangka mewujudkan visi dan misi Yayasan Wisma Yatim Assalaam Nur Salim. Oleh karena itu, kurikulum kami terbagi menjadi:

  1. Kurikulum Formal/Struktur Kurikulum

Kurikulum formal disusun dan dilaksanakan dengan mengacu pada KMA Republik Indonesia No 184 Tahun 2019 untuk muatan mata pelajaran umum dan Pendidikan Agama Islam. Sedangkan di luar muatan kurikulum tersebut dipilih tahsin, hafalan Al-Quran, al-muhadatsah al-‘arabiyah, pelajaran tentang hadits-hadits adab dan lain-lainnya sebagai muatan lokal.

  1. Habitual Curriculum

Habitul curriculum atau kurikulum pembiasaan adalah kegiatan pembiasaan dalam rangka pembinaan akhlakul karimah, ibadah, kebersihan, dan meningkatkan kemampuan pendidikan agama lainnya. Habitul Curriculum dilaksanakan dan dimulai semenjak santri bangun tidur atau sebelum KBM dimulai sampai dengan tidur kembali atau setelah KBM selesai. Kegiatan meliputi: shalat tahajjud, tahsin-tahfizh, al-ma’tsurat, kebersihan, shalat dhuha, shalat berjamaah dan lain-lainnya.

  1. Kegiatan Pengembangan Diri

Berdasarkan kebutuhan obyektif Wisma Yatim Assalaam dan dalam rangka mengembangkan bakat dan minat santri, dilaksanakan kegiatan pengembangan diri yang meliputi olahraga memanah, berenang, berkuda, panjat tebing, tenis meja, jalan-jalan seputar lingkungan pesantren, beternak, tahsin-tahfizh, latihan dasar kepemimpinan sekolah (LDKS) dan lain sebagainya.

  1. Hari dan Jam Belajar

Hari            :    Senin s.d Ahad

Jam            :    03.30 s.d 10.00 dan 13.00 s.d 15.00 dan 18.15 s.d 21.30

Istirahat     :    10.00 s.d 11.45 (jam ini dipakai untuk qailulah dan shalat berjamaah) dan 15.00 s.d 18.15 (jam istirahat diisi dengan, shalat   berjamaah, dan kegiatan pengembangan diri seperti olahraga)

KEAGAMAAN

Pembelajaran:

  • Al-Quran (Qiro’ah, Tahsin, Tarjamah,Tahfizh)
  • Tauhid, Fiqih, Akhlaq
  • Bahasa Arab (Nahwu, Sharaf, Muthola’ah dan Muhadatsah)

Ibadah Harian :

  • Tadarus
  • Shaum Sunnah
  • Shalat Berjama’ah
  • Dhuha & Tahajjud

UMUM

  • Bahasa Inggris Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) Bahasa Indonesia

KETERAMPILAN

  • Pidato / ceramah Alat musik
  • Olah Raga (tenis meja)

KITAB PEGANGAN

  • Al-Quran Fiqih
  • Al-Hadits Tarikh Aqidah Bahasa Arab Al Jurumiah
  • Amtsilah Attashrifiyyah
  • Arba’in Annawaawii
  • At-Taqrib Aqidatul Awam
  • Ta’limul Muta’allim
  • dll

DOWNLOAD PROFILE

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Follow by Email
LinkedIn
Instagram