Pesantren Tahfizh Terpadu

PROGRAM 

Pada awal tahun ajaran  2021-2022 Pesantren Tahfizh Terpadu Assalaam Nur Salim  meluncurkan program pendidikan non formal setingkat SMP dan MTs dengan keunggulan:

  • Tahfizh Al-Qur’an
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Kajian Kitab Kuning

Syarat dan ketentuan :

  • Lulusan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Anak-anak akan diasramakan/boarding school

Fasilitas penunjang santriwan dan santriwati:

  • Asrama ikhwan dan akhwat
  • Asrama full fasilitas
  • Makan 3 kali sehari

INFORMASI PENERIMAAN SANTRI
KLIK GAMBAR DIBAWAH INI

KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum yang dikembangkan oleh Pesantren Tahfizh Terpadu Assalaam Nur Salim mengacu pada KMA (Keputusan Menteri Agama) Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah dan dipadukan dengan muatan lokal sesuai dengan ciri khas, tujuan dan program unggulan pendidikan Wisma Yatim kami. Program unggulan tersebut adalah Tahfizul Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Baca Kitab Kuning. Di samping itu, titik fokus pendidikan yang kami kembangkan adalah penanaman nilai-nilai moral, akhlakul karimah, nasionalisme dan kemandirian dalam rangka mewujudkan visi dan misi Yayasan Wisma Yatim Assalaam Nur Salim. Oleh karena itu, kurikulum kami terbagi menjadi:

  1. Kurikulum Formal/Struktur Kurikulum

Kurikulum formal disusun dan dilaksanakan dengan mengacu pada KMA Republik Indonesia No 184 Tahun 2019 untuk muatan mata pelajaran umum dan Pendidikan Agama Islam. Sedangkan di luar muatan kurikulum tersebut dipilih tahsin, hafalan Al-Quran, al-muhadatsah al-‘arabiyah, pelajaran tentang hadits-hadits adab dan lain-lainnya sebagai muatan lokal.

  1. Habitual Curriculum

Habitul curriculum atau kurikulum pembiasaan adalah kegiatan pembiasaan dalam rangka pembinaan akhlakul karimah, ibadah, kebersihan, dan meningkatkan kemampuan pendidikan agama lainnya. Habitul Curriculum dilaksanakan dan dimulai semenjak santri bangun tidur atau sebelum KBM dimulai sampai dengan tidur kembali atau setelah KBM selesai. Kegiatan meliputi: shalat tahajjud, tahsin-tahfizh, al-ma’tsurat, kebersihan, shalat dhuha, shalat berjamaah dan lain-lainnya.

  1. Kegiatan Pengembangan Diri

Berdasarkan kebutuhan obyektif Wisma Yatim Assalaam dan dalam rangka mengembangkan bakat dan minat santri, dilaksanakan kegiatan pengembangan diri yang meliputi olahraga memanah, berenang, berkuda, panjat tebing, tenis meja, jalan-jalan seputar lingkungan pesantren, beternak, tahsin-tahfizh, latihan dasar kepemimpinan sekolah (LDKS) dan lain sebagainya.

  1. Hari dan Jam Belajar

Hari            :    Senin s.d Ahad

Jam            :    03.30 s.d 10.00 dan 13.00 s.d 15.00 dan 18.15 s.d 21.30

Istirahat     :    10.00 s.d 11.45 (jam ini dipakai untuk qailulah dan shalat berjamaah) dan 15.00 s.d 18.15 (jam istirahat diisi dengan, shalat   berjamaah, dan kegiatan pengembangan diri seperti olahraga)

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Follow by Email
LinkedIn
Instagram